Bedanya Pengiriman Kargo dan Reguler

Lebih Praktis Kirim Barang dengan Layanan GRATIS JEMPUT!

Bedanya Pengiriman Kargo dan Reguler

Ditengah pesatnya perkembangan jual beli online baik lewat marketplace atau media sosial membuat kebutuhan jasa pengiriman pun menjadi tinggi. Sebagai orang yang sudah malang melintang dalam jual beli online, jasa pengiriman barang pasti sudah menjadi kebutuhan Anda sehari-hari. Perlu Anda ketahui bahwa jasa ekspedisi atau pengiriman terbagi menjadi 2 jenis, yaitu pengiriman kargo dan pengiriman reguler.

Pengiriman kargo adalah layanan pengiriman barang dalam partai atau tonase besar, sementara pengiriman reguler adalah pengirimann dalam partai kecil atau bobot yang ringan. Lalu apa saja bedanya pengiriman kargo dan reguler yang perlu Anda ketahui agar tidak salah dalam memilih jasa ekspedisi yang tepat untuk barang Anda. Ketahuilah disini 6 perbedaan dasarnya :

1 Ongkir

Perbedaan pertama antara pengiriman kargo dan reguler dapat dilihat dari ongkir atau tarif pengirimannya. Pengiriman kargo biasanya memiliki tarif/kg 80% lebih murah dibanding pengiriman reguler. Misalnya ongkir ekspedisi reguler Rp. 20.000/kg, maka untuk ekpedisi kargo hanya Rp. 30.000. Namun perbedaan ongkir yang jauh ini dikarenakan moda tranportasi yang dipakai berbeda antara pengiriman kargo dan pengiriman raguler. Jika pengiriman kargo biasanya memakai kapal laut atau truk via darat, sementara pengiriman reguler memakai pesawat terbang via udara.

2 Moda Transportasi

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, mengapa ongkir diantara kedua jenis ekspedisi bisa berbeda jauh yaitu karena moda transportasinya yang berbeda. Pengiriman kargo memakai jalur darat dan laut menggunakan kapal laut dan truk sebagai moda transportasi pengirimannya, dan estimasi barang sampai di kota tujuan bisa memakan waktu berhari-hari. Sementara untuk pengiriman reguler menggunakan pesawat terbang dengan waktu tempuh lebih cepat. Namun untuk pengiriman kargo juga ada yang menggunakan pesawat via udara, namun terbatas hanya untuk minimum berat tertentu saja. 

3 Minimum Charge

Satu lagi perbedaan paling mendasar antara pengiriman kargo dan pengiriman reguler adalah terkait minimum charger atau minimal berat barang yang harus dipehuhi oleh si pengirim. Minimum charge pasti diberlakukan untuk pengiriman kargo, misalnya 50kg sampai 100kg. Jadi meskipun barang kiriman tidak memenuhi berat minimal ketika menggunakan pengiriman kargo, tetapi barang tetap akan dihitung sebagai minimum charge. Sementara untuk ekspedisi reguler biasanya tidak dikenakan berat minimum, jadi seberat apapun barang tetap akan dihitung berat aslinya. 

Bedanya Pengiriman Kargo dan Reguler
Bedanya Pengiriman Kargo dan Reguler

4 Jenis Barang

Perbedaan jenis barang juga terlihat antara pengiriman kargo dan pengiriman reguler. Pengiriman kargo biasanya untuk barang yang berukuran besar atau bobotnya berat, jenis barang yang biasa diterima adalah perabotan rumah tangga, furniture, barang pindahan, motor, mobil, alat berat, mesin industri dan lain-lain. Sementara untuk pengiriman reguler biasanya barang-barang ringan dan kecil seperti pakaian, handphone, dokumen, kosmetik, sepatu, mainan anak dan lain-lain. 

5 Estimasi Sampai

Kelebihan pengiriman reguler adalah estimasi barang sampai mulai dari 1 hingga 5 hari tergantung jarak antara kota asal dan kota tujuan. Sementara pengiriman kargo membutuhkan waktu yang lebih lama mengingat moda transportasi yang dipakai adalah truk dan kapal laut via jalur darat dan udara. Tidak secepat menggunakan pesawat via udara. 

6 Kantor Cabang

Perbedaan terakhir antara pengiriman kargo dan pengiriman reguler adalah keberadaan kantornya. Untuk pengiriman kargo biasanya memiliki keterbatasan kantor, mereka tidak memilki kantor cabang di tiap kota bahkan ditiap provinsi. Namun meski begitu Anda tetap dapat mengirimkan barang dengan kargo ke kota manapun, karena pengiriman kargo bekerjasama dengan sesame pengusaha kargo ditiap daerah dalam hal drop barang ke rumah penerima. Sementara pengiriman reguler memiliki cabang dihampir seluruh wilayah di Indonesia, bahkan hingga ke tingkat kelurahan. Jadi meskipun Anda berada di wilayah yang jauh dari kota besar sekalipun tetap dapat mengirim barang cukup dari kota Anda saja. 

Demikianlah 6 hal terkait bedanya pengiriman kargo dan reguler, dengan informasi ini diharapkan Anda dapat tidak salah dalam memilih layanan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan sampai Anda mengirim barang berukuran kecil, namun memilih pengiriman kargo yang memiliki minimum charge sehingga yang terjadi Anda harus merogoh kocek dalam. Demikian pula jika Anda ingin mengirim barang berbobot besar lalu memakai pengiriman reguler yang mempunyai tarif perkilo 80% lebih tinggi dibanding jasa pengiriman kargo, maka yang terjadi biaya pengiriman Anda bisa membengkak. 

Tiga Logistik sendiri termasuk perusahaan pengiriman kargo ke seluruh Indonesia. Kami hanya menerima pengiriman barang dalam jumlah besar, sebab minimum charge yang kami miliki adalah 50kg sampai 100kg. Sementara jika Anda mempunyai barang kiriman seberat 10kg, kami sarankan memakai cargo udara dari Tiga Logistik. 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai pengiriman kargo ke seluruh Indonesia, silahkan menghubungi marketing kami untuk info lengkapnya di nomor berikut :

ekspedisi ke kalimantan
ekspedisi ke kalimantan
5/5 - (2 votes)